Minggu, 04 Desember 2016

Filsafat? Apa Itu?

Filsafat? Apa Itu?

Apakah kalian tahu filsafat itu apa? Secara general, filsafat adalah ilmu yang mempelajari pikiran manusia dan seluruh fenomena yang ada kehidupan. Banyak teori mengenai filsafat lainnya berasal dari filsuf yang berbeda, salah satunya pengertian filsafat menurut faud, yaitu Merupakan ikhtiar manusia untuk memahami berbagai manifestasi kenyataan melalui upaya berpikir sistematis (systema=keteraturan, tatanan, saling keterkaitan), kritis (kritikos=kemampuan menilai; kritein=memilah-milah) dan radikal (radix=akar).
Kebanyakan dari kita, kenapa harus belajar filsafat? Apakah belajar filsafat berarti harus menjadi filsuf? Alasan kenapa filsafat yaitu untuk menyadarkan diri dan memberikan pemahaman terhadap calon ilmuawan akan pentingnya sudut pandang yang berbeda. Dan kalo kita belajar filsafat bukan berarti kita menjadi filsuf ya.
Apakah kalian tau motto filsafat itu apa? Yaitu “ harus ada sesuatu di balik yang ada”. Maksudnya apa sih itu? Maksudnya adalah sesuatau yang ada di depan kita itu harus keliatan dan bias di jawab dengan akal sehat kita. Contohnya apa sih? Misalkan kita contohkan dengan yang paling gampang yaitu air dan minyal. Jika minyak dan air di tuangkan ke satu gelas, maka meraka akan terpisah dan kenapa terpisah? Karena air dan minyak memiliki massa yang beda.
Bagaimana jika ada yang tidak bias di jawab dengan akal sehat? Jika bias di jawab, maka akan di anggap sebagai misteri. Jika misteri sesuatu itu adalah mistik yang tidak jarang berkembang sebagai kultus dan mitos yang tidak mungkin lagi di uji dengan penalaran.
Apa manfaat kita belajar filsafat? Secara pribadi dari saya itu menjadi lebih kritis. seperti yang kita ketahui, belajar filsafat seperti memakai banyak topi, semakin banyak topi semakin banyak pula wawasan kita dalam melihat pandangan orang lain.
Sekian dari saya, terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar